Kalbisocio: Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Vol. 12 No. 2 (2025): KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi (Edisi Khusus: Kebijakan Publik)

Pengaruh Inovasi Pelayanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Medan Amplas

Sinaga, Yolanda Febrianti Br (Unknown)
Siagian, Nalom (Unknown)
Pasaribu, Vera A.R. (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi pelayanan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kecamatan Medan Amplas. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sampel penelitian sebanyak 100 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Secara simultan, kedua variabel ini juga memberikan kontribusi signifikan terhadap tingkat kepuasan masyarakat di Kecamatan Medan Amplas. Oleh karena itu, peningkatan inovasi dan kualitas pelayanan perlu terus dilakukan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kalbisocio

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi adalah jurnal akses terbuka akademik yang bertujuan untuk mempromosikan integrasi bisnis dan komunikasi. Fokusnya adalah menerbitkan makalah tentang bisnis dan komunikasi. Makalah yang dikirimkan akan ditinjau oleh komite teknis jurnal. Semua artikel yang ...