Penelitian ini berjudul “Implementasi Program Pembinaan Karakter di SMA Negeri 1 Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir”, bertujuan ingin mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi implementasi program pembinaan karakter di SMA Negeri 1 Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi dan hasilnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, sedangkan peneliti adalah instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara perposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Dalam kajian ini diupayakan mendasar dan mendalam berorientasi pada studi kasus. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) berdasarkan pendekatan formisme (kenyataan yang ada). Untuk itu, tidak lepas dari berbagai data yang diperoleh berdasarkan penelitian lapangan. Dalam mendapatkan sumber data dalam penelitian ini penulis tetapkan kepala sekolah, wakil kurikulum, wakil kesiswaan, guru bimbingan dan konseling, wali kelas, guru bidang studi dan siswa. Mereka adalah subyek dalam penelitian ini. Implementasi program pembinaan karakter dalam penelitian ini dapat dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan pembinaan karakter dengan adanya kegiatan-kegiatan pengembangan diri seperti : OSIS, Pramuka, Tapak Suci dan PMR. Pelaksanaan pendidikan karakter dengan memperhatikan langkah-langkahnya melalui prinsip-prinsip penerapan pendidikan karakter dan evaluasi dengan dibuktikan adanya nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam kegiatan pengembangan dirinya.
Copyrights © 2024