Belajar merupakan usaha memperoleh sejumlah ilmu pengetahuan yang dilakukan melalui proses perubahan tingkah laku secara keseluruhan yang berorientasi pada lingkungan. Belajar pada intinya membedakan antara sebelum dan sesudah belajar serta dilakukan lewat kegiatan atau praktek yang disengaja. Dalam agama islam belajar merupakan kewajiban setiap muslim agar memperoleh ilmu pengetahuan sehingga dapat meningkatkan derajat kehidupan mereka. Pembelajaran memiliki kedudukan yang sangat signifikan dalam mencapai tujuan pendidikan Islam, karenanya, penerapan metode yang tepat sangat mempengaruhi keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Sebaliknya, kesalahan dalam menerapkan metode akan berakibat fatal. Dalam materi sejarah Kebudayaan Islam, hasil belajar siswa SMPN 11 Tanjung Jabung Timur tergolong rendah. Hal itu bisa dilihat dari hasil penilaian yang dilaksanakan oleh guru pada saat kelas VIII.B yang menyatakan bahwa siswa yang mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Untuk mengatasi masalah ini dicoba mencari solusi untuk meningkatkan hasil belajar materi dengan menggunakan strstegi “kognitif dan afektif”
Copyrights © 2024