Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 10 No 1 (2025): Maret

RELATIONSHIP BETWEEN THE HABIT OF READING SCHOOL LIBRARY BOOKS AND THE LEARNING ACHIEVEMENT OF HIGH GRADE STUDENTS OF PUBLIC SCHOOL 23 JEPPE'E, TANETE RIATTANG BARAT SUBDISTRICT, BONE DISTRICT

Sudirman (Unknown)
Muliadi, Muliadi (Unknown)
.B, Sunarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca buku perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 23 Jeppe’e. Populasi berjumlah 135 siswa dari kelas tinggi, yaitu kelas IV, V, VI (A/B). Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 58 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa nilai signifikan sebesar 0,02 yang berarti < 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima koefisien korelasi yaitu 0,40 yang berarti memiliki hubungan positif pada kategori cukup, sehingga disimpulkan bahwa hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca buku perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 23 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alashr

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Ashr Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun pada periode Maret dan September. Jurnal Al-Ashr ini memuat dan menyebarluaskan berbagai hasil penelitian, kajian ilmiah Dosen, Guru, Praktisi, Pengawas, Mahasiswa dalam lingkup bahasan ...