Etnomatematika merupakan pendekatan pembelajaran matematika yang mengintegrasikan unsur budaya lokal ke dalam proses pembelajaran, sehingga matematika lebih mudah dipahami dan relevan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran etnomatematika dalam pembelajaran matematika di satuan pendidikan serta dampaknya dalam mengatasi persepsi negatif siswa terhadap matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka (library research), yakni mengumpulkan dan menganalisis teori dari berbagai literatur, artikel ilmiah, dan sumber relevan lainnya. Data dalam penelitian ini bersifat sekunder yang diperoleh dari kajian artikel ilmiah terpublikasi dan relevan dengan topik yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode simak bebas libat cakap serta teknik pencatatan yang sistematis. Hasil kajian menunjukkan bahwa etnomatematika memiliki peran penting dalam pembelajaran matematika, antara lain mampu menghubungkan konsep matematika dengan konteks budaya lokal, mengurangi persepsi negatif siswa terhadap matematika, meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, serta mendorong kreativitas dan inovasi pendidik dalam mengintegrasikan materi pelajaran dengan budaya lokal.
Copyrights © 2025