Bahasa Arab memainkan peran yang sangat vital dalam bidang pendidikan dan keagamaan, terutama dalam memahami Al-Qur'an. Namun, salah satu tantangan besar dalam pembelajaran bahasa Arab adalah penguasaan kosakata Al-Qur'an serta qawaid (tata bahasa Arab). Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak penggunaan Metode KBQ Ummi terhadap penguasaan kosakata Al-Qur'an dan qawaid bahasa Arab di SMP IT Al-Biruni Mandiri Makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design dengan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian mencakup 118 siswa yang terbagi ke dalam enam kelas, dengan sampel yang diambil berjumlah 10 siswa. Data diperoleh melalui tes pretest dan posttest untuk mengukur penguasaan kosakata Al-Qur'an dan qawaid sebelum dan setelah penerapan Metode KBQ Ummi. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t untuk mengetahui signifikansi perbedaan antara hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam penguasaan kosakata dan qawaid bahasa Arab setelah penerapan Metode KBQ Ummi. Sebelum penerapan metode ini, 50% siswa berada pada kategori rendah, sedangkan setelah penerapan, 90% siswa berada pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode KBQ Ummi terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata Al-Qur'an dan qawaid bahasa Arab di kalangan siswa SMP IT Al-Biruni Mandiri Makassar.
Copyrights © 2025