Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara beberapa faktor yang diduga memengaruhi hasil ujian Bahasa Inggris siswa kelas VII Akhwat di SMP PABA Binjai. Faktor-faktor yang diteliti meliputi tingkat kehadiran, jumlah jam belajar di rumah, partisipasi dalam bimbingan belajar, gaya belajar, motivasi belajar, dan dukungan keluarga. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei melalui angket yang terdiri dari 30 item pertanyaan, dan melibatkan 29 siswi sebagai responden. Hasil analisis korelasi Pearson menunjukkan bahwa seluruh faktor memiliki hubungan positif dengan hasil ujian, dengan kehadiran siswa menunjukkan korelasi tertinggi (R = 0.93), diikuti oleh bimbingan belajar (R = 0.90), sedangkan faktor lainnya berada pada kisaran R = 0.75–0.77. Namun, hasil regresi linier sederhana menunjukkan bahwa hubungan secara keseluruhan dari semua faktor terhadap nilai ujian bersifat positif tetapi lemah (R = 0.2737). Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun masing-masing faktor berpengaruh signifikan secara individu, kontribusinya menjadi lebih kecil saat dianalisis secara bersama-sama. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendekatan holistik dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa, dengan mempertimbangkan interaksi kompleks antar berbagai faktor pendukung.
Copyrights © 2025