Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran Yoga Asana dan mengevaluasi tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya dalam mendukung perkembangan kemampuan motorik fisik anak usia 4–5 tahun di TK Dwijendra Mataram. Studi ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (research and development) dengan menerapkan model 4D yang terdiri dari empat tahap utama: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Setiap tahapan disertai evaluasi formatif sebagai upaya menjamin mutu produk yang dihasilkan. Produk akhir berupa video pembelajaran Yoga Asana berdurasi 17 menit. Berdasarkan hasil penelitian, video ini dinyatakan layak sebagai sarana untuk mendukung peningkatan perkembangan motorik anak usia dini. Secara keseluruhan, video ini telah memenuhi standar validitas, sangat praktis diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini, dan terbukti efektif dalam mencapai sasaran pembelajaran yang telah dirancang.
Copyrights © 2024