Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling
Vol. 2 No. 4 (2025): Januari - Maret

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur tentang Peran, Tantangan, dan Strategi Pembelajaran

Anggili Pratama (Unknown)
Yola Adelina Naipospos (Unknown)
Nasywa Syafira (Unknown)
Nazira Yunida (Unknown)
Helmalia Putri (Unknown)
Wardah Nabilla Syahnin (Unknown)
Hiskia Julius Renata Gultom (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini berfokus pada peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam membentuk karakter dan identitas siswa di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur, di mana berbagai sumber ilmiah, termasuk artikel, jurnal, dan penelitian terdahulu, dianalisis untuk mengidentifikasi tantangan dan strategi pembelajaran dalam implementasi PPKn. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas pendidikan PPKn serta mengembangkan rekomendasi strategi pembelajaran yang inovatif dan beradaptasi dengan perkembangan zaman, sehingga dapat meningkatkan internalisasi nilai-nilai Pancasila di kalangan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan PPKn memiliki potensi besar dalam membentuk karakter positif, tetapi juga dihadapkan pada berbagai tantangan yang perlu diatasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpdsk

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

urnal Pendidikan Sosial dan Konseling (JPDSK) merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun, ...