Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling
Vol. 2 No. 4 (2025): Januari - Maret

Meningkatkan Kesadaran Hukum Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Gracia Citra Lavenia Simanungkalit (Unknown)
Enney Margaretha br. Situmorang (Unknown)
Sofia Utami Siregar (Unknown)
May Ardiani Rajagukguk (Unknown)
Nazwa Audina br. Manurung (Unknown)
Gabriel Depany Simanjorang (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Pembelajaran PKn adalah untuk membentuk sikap dan perilaku warga negara yang baik, termasuk di dalamnya kesadaran terhadap hukum dan aturan yang berlaku di masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kesadaran hukum siswa ssekolah dasar melalui pembelajaran Pendidikan Kewarnegaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu wali kelas dan siswa kelas 5 UPT SD Negeri 060857, Sidorejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran hukum para siswa UPT SD Negeri 060857, Sidorejo terhadap peraturan yang berlaku yang diterapkan di sekolah yang berimplikasi terhadap kehidupan siswa baik di sekolah maupun di masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa UPT SD Negeri 060857, Sidorejo telah berhasil meningkatkan kesadaran hukum siswa melalui berbagai langkah strategis dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpdsk

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

urnal Pendidikan Sosial dan Konseling (JPDSK) merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun, ...