Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 11 No. 1 (2025)

Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Bermain Pada Peserta Didik SMP

Baenuri, Dzulkipli (Unknown)
Nurudin, Ahmad Alwi (Unknown)
Bachtiar, Bachtiar (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Keterampilan Passing bawah Bola Voli Melalui Metode Bermain Terhadap Peserta Didik di SMP IT AT-TAKWIN. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan 2 siklus yang terdiri dari masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi dan juga refleksi. Objek yang menjadi penelitian adalah peserta didik kelas VIII A dengan jumlah 20 orang. Tekhnik pengumpulan data adalah melalui tes keterampilan passing bawah dan observasi hasil kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan pada keterampilan passing bawah bola voli setelah menggunakan metode bermain. Proses pembelajaran pada pembelajaran sebelumnya monoton sehingga kemampuan pada keterampilan passing bawah bola voli sangat rendah. Peningkatan keterampilan terjadi pada Siklus 2. Pada siklus 1 terdapat 20 peserta didik dengan capaian predikat cukup sebanyak 14 orang dengan presentase 70⁒ dan capaian predikat baik 6 orang dengan presentase 30⁒. Pada Siklus 2 terdapat peningkatan dengan hasil capaian predikat Baik sebanyak 13 orang dengan presentase 65⁒ dan capaian predikat Sangat Baik sebanyak 7 orang dengan presentase 35⁒. Hasil penelitian dari Siklus I ke Siklus 2 terdapat peningkatan yang signifikan sehingga motode bermain ini sangat efektif dalam upaya Meningkatkan keterampilan Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Bermain Terhadap Peserta Didik Kelas VIIIA di SMP IT AT-TAKWIN.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...