Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 11 No. 1 (2025)

Media Card Short Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Sekolah Dasar

Yulianti, Rosalita (Unknown)
Makki, Muhammad (Unknown)
Nurwahidah, Nurwahidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2025

Abstract

Kemampuan membaca permulaan merupakan keterampilan dasar yang penting bagi perkembangan akademik siswa sekolah dasar. Observasi di sekolah menunjukkan bahwa banyak peserta didik kelas II memiliki kesulitan dalam membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Card Short terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik. Metode penelitian kuantitatif dengan model pre-experimental design One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian terdiri dari 31 peserta didik yang dipilih melalui teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui tes membaca (pre-test dan post-test), observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca permulaan peserta didik setelah penerapan Media Card Short. Uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penggunaan Media Card Short. Uji effect size sebesar 0,799 menunjukkan pengaruh dalam kategori sedang. Dengan demikian, Media Card Short berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...