Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca aksara Bali dari perspektif pemetaan grafem-fonem. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Singaraja dengan subjek penelitian yaitu siswa dari kelas VII, VIII, dan IX yang diambil secara acak dengan jumlah siswa yang digunakan yaitu sebanyak 12 orang siswa. Penelitian ini fokus pada kemampuan siswa membaca aksara Bali menggunakan analisis korespondensi grafem-fonem. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang berbasis tes. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes membaca menggunakan pemahaman dasar yang telah diketahui oleh siswa, kemudian dilanjutkan dengan pemetaan hasil pembacaan siswa ke dalam kartu data. Pengolahan data dilakukan dengan membuat korespondensi serta pengelompokan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya kesalahan siswa dalam membaca aksara Bali. Kesalahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor motivasi khususnya psikologi siswa, bahan bacaan, serta kemampuan siswa mengenali aksara. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh kemampuan siswa membaca aksara Bali tergolong sangat baik.
Copyrights © 2025