Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan GeoGebra, model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen quasi dengan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VIII di SMPN 13 Kota Sukabumi dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 87 siswa yang terbagi menjadi tiga kelas. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes tertulis dengan tiga buah soal kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi SPLDV dan lembar observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan GeoGebra lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Discovery Learning, model pembelajaran Discovery Learningberbantuan GeoGebra lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung, dan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji scheffe dengan komparasi nilai F hitung lebih besar dari F tabel.
Copyrights © 2025