Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas implementasi model probing-prompting dengan pendekatan open-ended dan mendeskripsikan mathematical higher order thinking skill peserta didik berdasar gaya belajar setelah implementasi model probing-prompting dengan pendekatan open-ended. Metode yang digunakan adalah mix methods menggunakan sequential explanatory. Penelitian kuantitatif dengan populasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bobotsari dan sampel kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol. Penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan mathematical higher order thinking skill berdasarkan tipe gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran model probing-prompting dengan pendekatan open-ended berkualitas dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil, dan 2) deskripsi mathematical higher order thinking skill dihasilkan sebagai berikut (a) peserta didik gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik pada kategori tinggi mampu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta, (b) peserta didik gaya belajar visual dan auditori pada kategori sedang belum mampu mengevaluasi, (c) peserta didik gaya belajar kinestetik kategori rendah belum mampu mengevaluasi dan mencipta.
Copyrights © 2025