Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi guru dalam mengatasi kesalahan gerakan shalat pada siswa Sekolah Dasar melalui pendekatan Studi Kepustakaan (Library Research). Metode penelitian ini dilakukan dengan menelusuri, mengkaji, dan menganalisis berbagai literatur yang relevan, seperti buku, jurnal, artikel ilmiah, serta sumber terpercaya lainnya yang membahas pendidikan agama Islam, metode pembelajaran shalat, dan pendekatan pedagogis dalam bimbingan siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif-kualitatif dengan pendekatan komparatif dan interpretatif guna menemukan strategi efektif bagi guru dalam membimbing siswa agar dapat memperbaiki gerakan shalat sesuai tuntunan syariat Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang efektif meliputi keteladanan guru, pemanfaatan media pembelajaran seperti video, serta kolaborasi dengan orang tua. Implementasi strategi ini tidak hanya membantu siswa dalam memperbaiki gerakan shalat, tetapi juga menanamkan kesadaran akan pentingnya shalat sebagai ibadah utama dalam Islam. Pembiasaan dan bimbingan yang berkelanjutan, diharapkan siswa dapat menjalankan shalat dengan benar, khusyuk, dan penuh kesadaran, sehingga membentuk karakter disiplin serta kecintaan terhadap ibadah sejak dini.
Copyrights © 2024