Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 6, No 1 (2025)

Implementasi Model Pembelajaran Problem based Learning Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas X SMAN 4 Kupang

Nono, Gellbard Alberto (Unknown)
Sudirman, Sudirman (Unknown)
Robo, Sarlintje (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2025

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kemampuan komunikasi peserta didik di kelas XJ SMA Negeri 4 Kupang yang masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi siswa di kelas XJ SMA Negeri 4 Kupang, dengan populasi 35 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 2 tahapan siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpuan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan oleh peneliti melalui II siklus di kelas XJ SMA Negeri 4 Kupang, diketahui bahwa prensentase kemampuan komunikasi awal siswa sebelum dilakukan tindakan adalah 47,57%. Selanjutnya pada siklus I, presentase kemampuan komunikasi siswa meningkat menjadi 68,6% dan pada siklus II, presentase kemampuan komunikasi siswa meningkat lagi menjadi 82,9%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi model pembelajaran problem based learning berbantuan media audiovisual mampu meningkatkan kemampuan komunikasi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...