Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 6, No 1 (2025)

Pengembangan Bahan Ajar Mathir Untuk Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Kelas 5 SDN Malasan Wetan 1

Aulia, Uul Zahro (Unknown)
Kasdriyanto, Didit Yulian (Unknown)
Sriwijayanti, Ribut Prastiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan pengembangan sebuah produk bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran matematika materi bangun ruang yang bisa digunakan pada saat proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang menggunakan model prosedural model ADDIE. model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi). Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan pada kelas 5 peserta didik SDN Malasan Wetan 1 Probolinggo. Intrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji coba produk yang telah peneliti lakukan kepada ahli materi/isi dan ahli media jika ditotal rata-rata menunjukan nilai 95,39% yang pada kriteria Sangat Valid. Jika dijabarkan ahli materi/isi mendapatkan nilai 98,6% dan ahi media mendapatkan nilai 92,18%. Berdasarkan uji coba lapangan, perolehan nilai dari guru kelas 5 memperoleh 92,2% yang mana menunjukan kriteria bahan ajar kategori Sangat Efektif dan Sangat Valid. Selanjutnya jika dilihat dari kelompok kecil tinggkat keefektifan 96,4% dan tingkat kevalidan mencapai nilai 83,3%. Dan dilihat dari kelompok besar tingkat keefektifan menunjukkan nilai 86,4% dan kevalidan dengan nilai 80,7%. Kesimpulannya peserta didik lebih cepat dan mudah memahami materi pembelajaran terumata pembelajaran matematika materi bangun ruang, untuk lebih meningkatkan semangat dan hasil belajar yang meningkatkan pengetahuan serta berpikir kritis untuk memecahkan masalah (problem solving).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...