Kemajuan teknologi telah mendorong pertumbuhan platform E-Learning, menjanjikan pembelajaran inklusif dan aksesibel bagi berbagai demografi. Namun, tantangan tetap ada dalam memastikan kualitas konten, interaktivitas, dan pengalaman pengguna, terutama terkait kesiapan teknologi yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan platform E-Learning dengan teknologi AI adaptif untuk meningkatkan aksesibilitas dan inklusivitas. Metode SEM digunakan dengan data yang dikumpulkan menggunakan SmartPLS, melibatkan 350 responden dari pelajar dan pendidik. Variabel yang dianalisis mencakup Kualitas Konten, Interaktivitas, Pengalaman Pengguna, Kesiapan Teknologi, dan Teknologi Pembelajaran Adaptif sebagai faktor moderasi. Hasil penelitian menunjukkan dampak positif signifikan dari Kualitas Konten dan Interaktivitas terhadap Pengalaman Pengguna, dengan Kesiapan Teknologi sebagai faktor kunci. Teknologi Pembelajaran Adaptif terbukti efektif dalam memoderasi hubungan antar variabel, meningkatkan pengalaman belajar. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi teknologi adaptif untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam dan meningkatkan hasil pendidikan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur pendidikan digital dan wawasan praktis bagi pendidik, pengembang, dan pembuat kebijakan.
Copyrights © 2025