Jurnal MediaTIK
Volume 8 Issue 1, Januari (2025)

Penerapan Problem Based Learning sebagai Strategi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik

Amelia putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2025

Abstract

Rendahnya kualitas argumentasi peserta didik disebabkan oleh pembelajaran yang masih berfokus pada transfer pengetahuan tanpa memberikan ruang untuk berpikir kritis dan berdiskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model Problem Based Learning (PBL) sebagai strategi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran informatika. Metode yang digunakan adalah studi literatur, dengan data diperoleh melalui pencarian artikel-artikel ilmiah pada Google Scholar dan Science Direct yang relevan dan terbit dalam kurun waktu 2019–2024. Hasil kajian menunjukkan bahwa model PBL secara konsisten memberikan dampak positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. PBL mendorong pembelajaran yang berpusat pada siswa, menumbuhkan kemampuan analisis, sintesis, dan evaluasi, serta meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik dalam pemecahan masalah kontekstual. Kombinasi PBL dengan media atau metode lain juga memperkuat hasil belajar, termasuk kemampuan berpikir kritis. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa penerapan PBL merupakan strategi yang efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, khususnya pada mata pelajaran informatika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MediaTIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

Jurnal MediaTIK is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University in collaboration with Phinisi Skyline Indonesia. The Media TIK journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or ...