Rendahnya kualitas argumentasi peserta didik disebabkan oleh pembelajaran yang masih berfokus pada transfer pengetahuan tanpa memberikan ruang untuk berpikir kritis dan berdiskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model Problem Based Learning (PBL) sebagai strategi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran informatika. Metode yang digunakan adalah studi literatur, dengan data diperoleh melalui pencarian artikel-artikel ilmiah pada Google Scholar dan Science Direct yang relevan dan terbit dalam kurun waktu 2019–2024. Hasil kajian menunjukkan bahwa model PBL secara konsisten memberikan dampak positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. PBL mendorong pembelajaran yang berpusat pada siswa, menumbuhkan kemampuan analisis, sintesis, dan evaluasi, serta meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik dalam pemecahan masalah kontekstual. Kombinasi PBL dengan media atau metode lain juga memperkuat hasil belajar, termasuk kemampuan berpikir kritis. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa penerapan PBL merupakan strategi yang efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, khususnya pada mata pelajaran informatika.
Copyrights © 2025