Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Informatika menjadi permasalahan utama akibat kurang menariknya metode pembelajaran dan minimnya penggunaan media yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Canva. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, melibatkan 25 siswa kelas X SMKN 10 Makassar, serta menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan observasi sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I hanya 52% siswa mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada Siklus II meningkat menjadi 88% dengan rata-rata nilai mencapai 85,52. Penggunaan Canva juga meningkatkan keterlibatan dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Media Canva terbukti membantu siswa dalam memahami materi yang kompleks, seperti instalasi jaringan komputer, secara lebih efektif dan visual. Kesimpulannya, penerapan Canva sebagai media pembelajaran memiliki implikasi positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran Informatika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025