Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS
Vol. 3 No. 2 (2025): April

MENINGKATKAN EFEKTIVITAS TEACHING FACTORY DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DAN KECERDASAN BUATAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 METRO

Tri Aristi Saputri (Unknown)
Budi Sutomo (Unknown)
Aninda Amelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru serta siswa SMK dalam mengintegrasikan media pembelajaran berbasis teknologi dan kecerdasan buatan (AI) ke dalam model Teaching Factory. Kegiatan dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Metro pada 12–13 Desember 2024, dengan melibatkan guru pilihan, kepala sekolah, serta perwakilan dari dunia usaha dan industri. Metode yang digunakan meliputi paparan materi, sesi tanya jawab, praktik langsung, kolaborasi dengan industri, serta evaluasi dan umpan balik. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 85% peserta mengalami peningkatan pemahaman terhadap penggunaan AI dalam pendidikan. Peserta juga aktif dalam praktik langsung dan diskusi interaktif, menunjukkan antusiasme tinggi dan kesiapan untuk menerapkan pembelajaran berbasis teknologi. Kegiatan ini berhasil memperkuat sinergi antara pendidikan kejuruan dan kebutuhan dunia industri. Diharapkan kegiatan serupa dapat dilanjutkan secara berkelanjutan untuk menciptakan lulusan yang adaptif dan kompeten menghadapi era digital. Kata Kunci : Teaching Factory, Media Pembelajaran, Kecerdasan Buatan, Teknologi Pendidikan, Dunia Industri

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPKI2

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS (JPKI2) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Ekonomi, Hukum,Teknik, kedokteran, Pertanian, Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Ilmu Sosial dan Ilmu ...