Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK)
Vol. 15 No. 1 (2025): Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), Volume 15 Nomor 1 (2025)

Tren Implementasi Socioscientific Issues dalam Pembelajaran Kimia: Sebuah Kajian Literatur

Utami, Julia (Unknown)
Budimarwanti, Cornelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2025

Abstract

Abstrak Penelitian ini membahas mengenai tren penerapan isu sosio-saintifik dalam pembelajaran kimia yang berfokus pada variabel terikat (keterampilan kognitif) dalam kurun waktu tiga tahun terakhir yaitu 2022 hingga 2024. Penelitian dilakukan dengan eksplorasi penelitian internasional dan nasional melalui database jurnal dengan kata kunci yaitu (kata kunci 1: “socio scientific issues” dan “pembelajaran kimia di sekolah”; kata kunci 2:”isu-isu kontroversial” dan ”pembelajaran kimia”). Diperoleh sebanyak 30 artikel yang relevan dengan tujuan penelitian dilakukan analisis lanjutan. Kemudian dilakukan penyusunan kode primer dan kode sekunder untuk memperoleh hasil analisis yang lebih spesifik dan relevan dengan tujuan penelitian. Fokus penelitian dilakukan pada domain variabel terikat (keterampilan kognitif). Keterampilan kognitif yang ditemukan sebagai fokus dari penerapan SSI dalam pembelajaran kimia yaitu, literasi sains, literasi kimia, berpikir kritis, argumentasi, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan. Beberapa komponen lain dalam penelitian ini belum secara lengkap dianalisis, oleh karena itu untuk penelitian selanjutnya perlu memperluas domain atau komponen-komponen dalam penerapan SSI pada pembelajaran kimia. Abstract This research discusses the trend of applying socio-scientific issues in chemistry learning that focuses on the dependent variable (cognitive skills) in the last three years, namely 2022 to 2024. The research was conducted by exploring international and national research through journal databases with keywords namely (keyword 1: ‘socio scientific issues’ and ‘chemistry learning in schools’; keyword 2: ‘controversial issues’ and ‘chemistry learning’). A total of 30 articles relevant to the research objectives were obtained for further analysis. Then the primary code and secondary code were arranged to obtain analysis results that were more specific and relevant to the research objectives. The focus of the research was on the domain of the dependent variable (cognitive skills). Cognitive skills found as the focus of the application of SSI in chemistry learning are science literacy, chemical literacy, critical thinking, argumentation, problem solving, and decision making. Some other components in this study have not been fully analysed, therefore for further research it is necessary to expand the domain or components in the application of SSI in chemistry learning.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK) is the journal for teachers, researchers and other practitioners at all levels of chemistry education. It is published electronically two times a ...