Pasar tradisional memiliki peran penting dalam perekonomian lokal dan pendapatan pedagang menjadi faktor utama dalam mendorong minat usaha mereka. Semakin berkembangnya pasar tradisional akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Pasar Bringharjo adalah pasar terbesar yang menjadi salah satu pusat transaksi perdagangan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pasar bringharjo memiliki sejarah yang panjang dan menjadi pasar tertua di Yogyakarta yang beroperasi dari ratusan tahun yang lalu. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumalah 100 orang pedagang UMKM Pasar Bringharjo. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan alat analisis Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Agreeableness berpengaruh signifikan terhadap kinerja pedagang; 2) Opennes to experience berpengaruh signifikan terhadap kinerja pedagang; 3) Extraversion tidak berpengaruh terhadap kinerja pedagang; 4) Motivasi tidak berpengaruh terhadap kinerja pedagang.
Copyrights © 2025