Pendidikan menjadi sarana mengembangkan potensi individu yang berdaya saing. Efektivitas proses pendidikan dipengaruhi oleh kualitas pengajaran yang bergantung pada kemampuan dan keterampilan guru. Kinerja guru menjadi aspek utama yang mempengaruhi kualitas pendidikan di sekolah. Kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah dengan peran dan fungsi yang dimilikinya harus dapat membuat guru mau meningkatkan kinerja dan prestasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh servant leadership terhadap kinerja guru. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur digunakan untuk mengeksplorasi dua variabel utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa servant leadership berpengaruh terhadap kinerja guru. Servant leadership yang berfokus pada menekankan pada pemberian dukungan, perhatian, dan pemberdayaan kepada guru. Dampaknya, motivasi dan kepuasan kerja guru meningkat yang berujung pada peningkatan kinerja saat proses pengajaran. Pihak sekolah perlu mempertimbangkan penerapan gaya kepemimpinan ini untuk menunjang kinerja guru dari berbagai faktor yang telah dieksplor pada penelitian ini.
Copyrights © 2024