Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA
Vol 8 No 1 (2025): Januari-Maret 2025

Pengembangan Google Sites Untuk Menunjang Pembelajaran Dan Penilaian Bagi Guru-Guru SMPN 4 Mataram, Lombok

Sujana, I Made (Unknown)
La Ode Alfin H. Munandar (Unknown)
Sahrul (Unknown)
Lalu Jinade (Unknown)
Yoce F. Abidano (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2025

Abstract

Menghadapi generasi Z (GenZ), pembelajaran harus dikemas dalam bentuk blended – offline dan online. Guru masa kini harus membekali diri dengan kemampuan mengemas pembelajaran dalam bentuk digital. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membekali guru-guru SMPN 4 Mataram Lombok dengan pengetahuan dan keterampilan mengembangkan Google Sites untuk menunjang pembelajaran dan penilaian. Kegiatan dilaksanakan di SMPN 4 Matarm dengan melibatkan seluruh guru mata pelajaran yang berjumlah 58 orang dan difasilitasi oleh 5 fasilitator dari FKIP Universitas Mataram dan dari SMPN 4 Mataram. Rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan Flipped Learning Model (out-class activity dan in-class activity) berupa belajar online melalui Website Google Sites, pemaparan materi dan praktik langsung pengembangan dan kegiatan mandiri serta pendampingan. Dari hasil kegiatan disimpulkan bahwa khalayak sasaran telah memiliki pengetahuan tentang Google Sites dan telah mampu mengembangkan konten untuk pembelajaran dan penilaian mata pelajaran masing-masing. Disarankan, dengan stimulus kegiatan ini, guru-guru terus meningkatkan keterampilan mereka untuk mengembangankan bahan pembelajaran dan penilaian melalui Google Sites.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI) |e-ISSN: 2655-5263| merupakan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam ...