Journal of Islamic Digital Economics and Management
Vol. 2 No. 2 (2025): Desember-Maret

PEMAHAMAN DAN HASIL DARI KEPUASAN KONSUMEN PADA PEDAGANG KOPI FAIR TRADE

Fauzan Fahresky Pratama (Unknown)
Willy Arafah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2025

Abstract

Industri kopi Fair Trade di Indonesia mengalami pertumbuhan dengan singnifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi anteseden dan pascaseden kepuasan konsumen, termasuk faktor utilitarian, sosial, dan emosional, dalam konteks konsumsi kopi perdagangan yang adil (Fair Trade). analisis data menggunakan pemodelan persamaan struktural (SEM) dengan perangkat lunak SPSS/AMOS 26.0. Temuan - Penelitian ini mendukung bahwa nilai sosial pelanggan dan kualitas mempengaruhi nilai yang dirasakan (perceived value/PV). PV pada gilirannya berpengaruh pada kepuasan pelanggan dan yang terakhir mempengaruhi loyalitas. Sebaliknya, nilai emosional pelanggan dan harapan pelanggan tidak dikonfirmasi sebagai anteseden PV. Penelitian ini berkontribusi pada peningkatan substansial dalam pemahaman kepuasan konsumen dan konsekuensinya, dalam konteks konsumsi kopi Fair Trade. Sebuah model teoritis baru yang terintegrasi tentang kepuasan konsumen telah disediakan, yang mencakup faktor persepsi sosial dan emosional, bersama dengan faktor persepsi kognitif (kualitas dan ekspektasi).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bridging

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

BRIDGING: Journal of Islamic Digital Economics and Management adalah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk menjadi jembatan antara dua domain yang krusial: ekonomi Islam dan pengelolaan ekonomi digital. Jurnal ini didedikasikan untuk mendalami isu-isu yang berkaitan dengan penerapan prinsip-prinsip ...