Jurnal Doktor Manajemen (JDM)
Vol 8, No 1 (2025): APRIL 2025

Peningkatan Minat Berkunjung Wisatawan Pada Objek Wisata Tangkahan di Kabupaten Langkat Melalui Penggunaan Media Sosial Instagram

Ummi, Maulizatul (Unknown)
Widiati, Euis (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini membahas pemanfaatan media sosial Instagram sebagai sarana promosi objek wisata Tangkahan di Kabupaten Langkat. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis persepsi wisatawan terhadap efektivitas promosi melalui Instagram, menganalisis minat berkunjung wisatawan, serta menganalisis pengaruh media sosial Instagram terhadap minat berkunjung wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sampel penelitian terdiri dari 101 responden yang merupakan pengikut akun Instagram @tangkahan_ dan belum pernah berkunjung ke objek wisata Tangkahan. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online. Analisis dilakukan menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan (R = 0,563, sig = 0,000). Koefisien determinasi menunjukkan bahwa media sosial Instagram mempengaruhi minat berkunjung wisatawan sebesar 31,6% dan 68,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jdm

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Doktor Manajemen JDM() adalah sebuah jurnal Ilmiah bagi para tenaga kependidikan dosen, professional, mahasiswa, dan mitra bebestari yang ingin menuangkan hasil karya ilmiahnya, berdasarkan penelitian ilmiah, dimana didalamnya mencakup keilmuan bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Pemasaran, ...