Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan anak dalam membuat simbol angka sebelum menggunakan media tutup botol, mengetahui apa yang dilakukan guru dalam membantu anak memahami konsep simbol angka dengan lebih mudah, serta mengetahui hasil yang dicapai setelah menggunakan media tutup botol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode eksperimen. Penulis menganalisis data eksperimen dari penelitian sebelumnya mengenai “Penilaian Unjuk Kerja Membuat Simbol Angka dengan Media Tutup Botol untuk Perkembangan Kognitif Anak.” Penelitian ini berfokus pada penggunaan media tutup botol sebagai sarana pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan anak dalam mengenal dan membuat simbol angka. Dengan menggunakan metode eksperimen, penelitian ini mengidentifikasi proses dan strategi yang diterapkan guru untuk membantu anak-anak memahami konsep angka, serta mengukur perkembangan keterampilan anak dalam membuat simbol angka sebelum dan setelah menggunakan media tutup botol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media tutup botol memiliki dampak positif dalam meningkatkan keterampilan anak dalam mengenali dan membuat simbol angka, yang tercermin dalam peningkatan hasil penilaian unjuk kerja. Selain itu, penelitian ini juga memberikan wawasan mengenai pentingnya inovasi media dalam mendukung pembelajaran anak usia dini, khususnya dalam pengembangan numerasi. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman lebih dalam tentang manfaat media kreatif dan praktis dalam pendidikan anak usia dini, serta memperkaya pilihan media pembelajaran yang dapat diterapkan oleh para pendidik untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak.
Copyrights © 2025