Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script dalam menulis teks eksplanasi. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pampangan Ogan Komering Ilir Tahun ajaran 2023. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t dengan menggunakan SPSS.22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil tes kemampuan menulis teks eksplanasi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata Pretest menulis teks eksplanasi siswa kelas eksperimen 70.44 dan Postest 79,98. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol 69,03 dan postest 70,27. Hail analisis data menunjukan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol, yakni 79,98>76,27. Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukan bahwa thitung (2,795) lebih tinggi dari t tabel (1,674) dengan derajat keabsahan 52( df 52) pada taraf signifikansi probability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05. Ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya , ada perbedaan kemampuan menulis teks eskplanasi siswa yang di ajar meggunakan model pembelajaran Cooperative Script dengan siswa yang diajar menggunakkan pendekatan saintifik
Copyrights © 2024