Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA ARAB MELALUI PEMBELAJARAN PENEMUAN: STUDI KASUS SMA MUHAMMADIYAH SERANG

Rahimah, Rahimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas pembelajaran penemuan (discovery learning) dalam meningkatkan pemahaman membaca Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-experimental untuk membandingkan kinerja kelompok eksperimen (kelas X) yang menerima pembelajaran penemuan dengan kelompok kontrol (kelas XI) yang diajar menggunakan metode pembelajaran tradisional. Pre-test dan post-test diberikan kepada kedua kelompok untuk mengukur kemampuan membaca literal siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman membaca di antara siswa dalam kelompok eksperimen yang terpapar dengan pembelajaran penemuan, tingkat signifikansi t > tabel = 8,28 > 1,67 dan > tabel = 8,28 > 2,40 adalah persyaratan pengujian. Nilai post-test kelompok eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada nilai pre-test mereka, melampaui kinerja kelompok kontrol. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penemuan merupakan pendekatan pedagogis yang efektif untuk meningkatkan pemahaman membaca pada SMA Muhammadiyah Serang

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...