Abstrak — Dari banyaknya perguruan tinggi di Indonesia,baru terdapat 74 perguruan tinggi yang telah menerimamahasiswa dengan kondisi difabel. Meskipun telah banyakperaturan yang membahas tentang pendidikan inklusif,penerapan pendidikan inklusif masih memerlukan perhatiandan dukungan, terutama pada aspek kemudahan dalammengakses sarana dan prasarana pendidikan inklusif yangtersedia.Di dalam permasalahan ini, terdapat tiga komponenmasalah yaitu equipment, people, dan information. Padakomponen equipment yaitu kurangnya aksesibilitas fisik,seperti fasilitas ramah disabilitas dan akses ke ruang kelas yangkurang memadai. Pada people yaitu Pada people yaitukurangnya kesadaran akan kebutuhan disabilitas. Padainformation, masih kurangnya informasi yang disediakan olehpihak fakultas mengenai fasilitas yang dapat diakses oleh sivitasakademik.. Permasalahan diatas akan diselesaikan denganmenggunakan metode SECI (Socialization, Externalization,Combination, Internalization). SECI merupakan knowledgeconversion dari tacit knowledge menjadi explicit knowledge.Hasil dari tugas akhir ini adalah penilaian yang didapatkan dari26 indikator penilaian yang digunakan sebagai standar acuan.Hasil dari penilaian dapat digunakan sebagai acuanpengembangan atau perbaikan sarana dan prasarana yangterdapat di Universitas Telkom. Kata kunci - Perguruan Tinggi, Penyandang Disabilitas, SECI
Copyrights © 2025