eProceedings of Engineering
Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025

Perancangan Atribut Kebutuhan Obat Batuk Obh X Pada Pt Xyz Menggunakan Integrasi Product Quality Dan Model Kano

Muttaqin, Ahmad Zainul (Unknown)
Wulandari, Sari (Unknown)
Rohayati, Yati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2025

Abstract

Abstrak — PT XYZ, sebuah perusahaan farmasi yangmenghasilkan berbagai produk dan suplemen, termasuk OBHX, menghadapi tantangan utama dalam bentuk rendahnyapangsa pasar. Observasi menunjukkan bahwa aspek kualitasproduk menjadi faktor utama yang mempengaruhi masalah ini.Meskipun OBH X memiliki keunggulan dalam variasi fungsidan rasa untuk anak-anak, produk ini kurang kompetitif dalamvariasi rasa untuk dewasa, jenis kemasan, ukuran, dan hargajika dibandingkan dengan pesaingnya. Untuk mengatasitantangan ini, penelitian dilakukan menggunakan pendekatanproduct quality dan model Kano. Dalam analisis yang dilakukan,teridentifikasi 23 atribut kebutuhan yang dikelompokkanmenjadi 6 dimensi product quality, yaitu performance, secondaryfeature, aesthetic, durability, reliability, dan perceived quality.Hasil analisis product quality menunjukkan adanya 9 atributkuat dan 14 atribut lemah dan hasil analisis model Kanodihasilkan 6 atribut berkategori must-be, kategori attractive 7atribut, dan kategori one-dimensional 10 atribut. Berdasarkanhasil integrasi product quality dan model Kano diperoleh 16 TrueCustomer Needs yang merupakan fokus utama dalam upayaproduk OBH X. Kata kunci—Kualitas Produk, Model Kano, Swamedikasi, True Customer Needs

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...