Abstrak — Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasidan memahami kebutuhan konsumen terhadap produk alaskaki dari Dianable, sebuah UMKM di industri kreatif yangfokus pada produk alas kaki handmade. Dianable menghadapikeluhan konsumen terkait ketidaksesuaian ukuran, kualitasproduk yang kurang memadai, dan kenyamanan yang perluditingkatkan, yang berpotensi mempengaruhi penjualan jangkapanjang. Metode yang digunakan adalah Model Kano dananalisis Product Quality untuk mengklasifikasikan atribut danmerumuskan true customer needs. Hasil penelitianmenunjukkan terdapat 7 atribut yang kuat dan 8 atribut yanglemah, dengan 9 atribut one-dimensional, 5 atribut must-be, dan1 atribut attractive. True customer needs meliputi penggunaanbahan berkualitas tinggi, kenyamanan bantalan tumit, sol yangempuk, serta fitur anti-slip. produk harus memiliki daya rekatkuat, ukuran yang sesuai dengan standar industri, sertakonsistensi ukuran antarproduk. Dianable juga perlumenyediakan berbagai pilihan warna dan model yang trendiuntuk memenuhi preferensi konsumen. penelitian inidiharapkan dapat membantu Dianable dalam merancangperbaikan produk yang lebih tepat guna, meningkatkankualitas produk, serta mendukung pertumbuhan bisnis melaluipeningkatan kepuasan dan loyalitas konsumen. Kata kunci— Model Kano, Product Quality, True CustomerNeeds
Copyrights © 2025