Abstrak — Toko Hidayat menghadapi tantangan besarakibat meningkatnya bisnis franchise minimarket dandampak pandemi. Penurunan penjualan yang terjadidisebabkan oleh strategi pemasaran yang kurang optimal.Dengan menggunakan analisis SWOT dan metodeQuantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), TokoHidayat dapat merancang strategi marketing mix yang lebihefektif. Strategi ini diharapkan dapat memaksimalkankekuatan dan peluang, serta mengurangi kelemahan danancaman yang ada, sehingga mampu meningkatkankembali penjualan dan daya saing Toko Hidayat di tengahpersaingan yang ketat dengan franchise minimarket. Hasildari Tugas akhir ini menghasilkan enam strategi yang akandiimplementasikan pada Toko Hidayat yaitu melengkapiproduk dan mencari supplier dengan harga terjangkau,membuat konten promosi serta menerapkan digitalmarketing dan digitalisasi pembayaran untuk promosi yanglebih efektif, menambah karyawan, memberikan layananorder online dan pengantaran via WhatsApp, menawarkanproduk bundling dengan harga terjangkau, memperbaruialat penjualan untuk pelayanan yang lebih baik, danmemberikan potongan harga bulanan atau pada haritertentu untuk menarik konsumen. Kata kunci— Strategi Pemasaran, Marketing Mix,Matriks IFE, Matriks EFE Analisis SWOT, QSPM
Copyrights © 2025