Abstrak — Kopi Radono adalah Usaha Mikro Kecil (UMK)yang bergerak di bidang kuliner berlokasi di Kota Cimahi.Akibat persaingan yang semakin sengit dan teknologi yangsemakin maju, target keuntungan sering tidak tercapai. Untukmengatasi tantangan ini, perusahaan memerlukan strategiuntuk meningkatkan daya saingnya di pasar. Pendekatan yangdipilih untuk menyusun strategi ini melibatkan penggunaananalisis SWOT dan metodologi Quantitative Strategic PlanningMatrix (QSPM). Penelitian dimulai dengan menyebarkankuesioner dan mengevaluasi kondisi internal dan eksternalperusahaan yang kemudian ditransformasikan ke dalammatriks Internal Factor Analysis Summary (IFAS) danExternal Factor Analysis Summary (EFAS) untuk menentukanbobot masing-masing. Hasil pembobotan ini kemudiandiintegrasikan ke dalam Matriks Internal-Eksternal (IE),mengungkapkan posisi perusahaan dan membentuk dasaruntuk menghasilkan strategi alternatif dalam matriks SWOT.Tahap terakhir meliputi analisis QSPM, yang berpuncak padastrategi prioritas berdasarkan Total Attractive Score (TAS)tertinggi. Pada akhirnya, penelitian ini berupaya memberikanKopi Radono strategi yang komprehensif dan berbasis datauntuk meningkatkan posisi pasarnya. Dengan memanfaatkanwawasan yang diperoleh dari analisis SWOT dan metodologiQSPM, Kopi Radono dapat mengembangkan strategi yangmemungkinkan untuk pertumbuhan berkelanjutan danpengukuhannya dalam industri kuliner yang kompetitif. Kata kunci— bisnis, strategi, SWOT, QSPM, UMK
Copyrights © 2025