Bisnis roti selama ini sangat menjanjikan bagi yang menggelutinya, pasalnya roti yanglaris di pasaran adalah roti memiliki cita rasa tersendiri dan bisa disajikan dalam segala suasana. Jika melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak yang menjual roti. Sehingga pada akhirnya perlu inovasi agar menarik para konsumennya. Roti maryam merupakan jenis roti yang identik dengan makanan orang Arab, karena awalnya hanya ditemukan pada kampung Arab atau kampung khas Timur Tengah. Dengan inovasi rasa yang lebih enak, ukuran yang cantik dan menarik, harga yang ekonomis, dan yang paling penting sehat dan higienis dengan memberikan kemasan dan label yang menarik juga sehingga produk yang mitra miliki mampu bersaing dan laku dipasaran. Dengan usaha Roti Maryam Aisyah yang sudah memiliki pelanggan tetap maka diharapkan akan memperluas pangsa pasarnya dengan membuat kemasan dan label yang menarik untuk mencari pasar dan bahkan agen yang mau menjualnya, sehingga akan meningkatkan volume penjualan serta memperluas pemasarannya. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah (1) Secara etika hukum bisnis UMKM Roti Maryam Aisyah belum memiliki legalitas produk, sehingga syarat utama sebuah usaha agar bisa berkembang masih belum terpenuhi; (2) Belum melakukan manajemen usaha yang paling sederhana, seperti: pencatatan pemasukan dan pengeluaran produksi dan penjualan; (3) Inovasi produk, agar produk Roti Maryam Aisyah mempunyai ciri khas dan berbeda dengan produk roti maryam lainnya. Hasil yang diharapkan pada tahap ini adalah legalitas produk dari mitra yang kemudian berdampak pada meningkatnya jumlah volume penjualan dan perluasan pemasaran produk.
Copyrights © 2024