Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 2 No 2 (2020): September

PROBLEMATIKA LINIERITAS PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI (Studi Kasus di Kelompok Bermain Islam Terpadu (KBIT) Al-Ihsaniyah Desa Bangun Galih Kecamatan Kramat Kebupaten Tegal)

Siti Ratnawati Siti Ratnawati (Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN))



Article Info

Publish Date
19 Sep 2020

Abstract

Problem linieritas guru PAUD merupakan hal yang penting bagi pendidik PAUD tak terkecuali yang terjadi di KBIT Al-Ihsaniyah Bangun Galih Kramat Tegal, sebab masih banyak guru yang tidak linier secara kualifikasi akademik sehingga berpengaruh pada pemenuhan standar akademik dan sertifikasi maupun tunjangan profesi lainnya dan perlu dicari solusi pemecahannya. Guru yang sedang menempuh S1 PGPAUD dalam konteks pedagogik memiliki kemampuan yang berbeda dengan guru selain keduanya terutama dalam pemahaman karakteristik peserta didik. Namun demikian dilihat dari capaian profesiomalisme guru, mereka telah mampu: (1) menguasi materi pelajaran (1) menggunakan berbagai permainan yang menarik,(3) memanfaatkan tekonologi, dan (4) mengembangkannya sesuai perkembangan. Beberapa kebijakan dan program dijalankan, di antaranya ialah: (1) melakukan proses seleksi (2) program magang/mengabdi (3) mengikutsertakan pada kegiatan diklat, dan seminar (4) menjalin komunikasi di antara pendidik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pelangi

Publisher

Subject

Education

Description

Pelangi: Journal of Islamic Early Childhood Education Thought and Research is a scientific journal published by the Early Childhood Islamic Education Program, Universitas Muhammadiyah Bima. This journal publishes scholarly articles based on conceptual thinking and empirical research in the field of ...