Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan sains di TK Miftahul Falah Sindangsari Desa Sukaraharja Kecamatan Cisayong. Jenis penelitian yang di gunakan adalah peneliian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun, berjumlah 15 orang, 7 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dalam dua tahap, siklus 1 dan siklus 2, dengan masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak di TK Miftahul Falah pada awal sebelum bertindak dalam permainan sains adalah 40%. Pada siklus 1 pertemuan pertama meningkat sebesar 59% dan pertemuan kedua 63%. Dan hasil siklus 2 pertemuan pertama meningkat sebesar 72% dan pertemuan kedua sebesar 80%. Dari data yang di peroleh perbedaan temuan dapat memenuhi indikator penilaian perkembangan kognitif anak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat di simpulkan bahwa permainan sains dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Miftahul Falah
Copyrights © 2022