Jurnal Aplikasi Bisnis
Vol. 8 No. 1 (2022)

PEMBUATAN MEDIA PROMOSI DALAM BENTUK DESAIN KEMASAN DENGAN MENGGUNAKAN COREL DRAW UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN DI AYAM GEPREK SEUHAH MALANG

Alif Hilmy Huznuzharif (Politeknik Negeri Malang, Indonesia)
Umi Khabibah (Politeknik Negeri Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan Corel Draw untuk pembuatan desain kemasan serta meningkatkan minat beli konsumen di Ayam Geprek Seuhah Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan (action research) dan melibatkan 15 responden. Penelitian ini menggunakan aplikasi Corel Draw sebagai aplikasi pembuat desain kemasan, sedangkan metode pengumpulan data pada penelitian ini yang digunakan ada 4 yaitu observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisa data dilakukan berdasarkan EPIC Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain kemasan ini masuk dalam kategori sangat efektif digunakan sebagai media promosi dan meningkatkan minat beli konsumen di Ayam Geprek Seuhah Malang. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisa data dapat diketahui bahwa skor rata rata EPIC Rate sebesar 4,46 dan AIDA Rate sebesar 81,6 persen. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa desain kemasan dapat digunakan sebagai media informasi yang efektif akan waktu dan biaya serta menyajikan informasi yang lengkap bagi konsumen maupun calon konsumen di Ayam Geprek Seuhah Malang. Diharapkan desain kemasan dapat digunakan sebagai sarana media promosi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jab

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JAB Jurnal Aplikasi Bisnis adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam satu tahun yakni Juni dan Desember. Jurnal Aplikasi Bisnis bertujuan untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan menyalurkan ide, gagasan, serta ilmu pengetahuan dan bisnis bagi para sarjana, mahasiswa, praktisi, dan ...