cover
Contact Name
Rena Feri Wijayanti
Contact Email
renaferi@polinema.ac.id
Phone
+628170503743
Journal Mail Official
jab.polinema@polinema.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jab/about/editorialTeam
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Aplikasi Bisnis
ISSN : 24073741     EISSN : 24075523     DOI : https://doi.org/10.33795/jab.v9i1.550
Core Subject : Economy, Social,
JAB Jurnal Aplikasi Bisnis adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam satu tahun yakni Juni dan Desember. Jurnal Aplikasi Bisnis bertujuan untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan menyalurkan ide, gagasan, serta ilmu pengetahuan dan bisnis bagi para sarjana, mahasiswa, praktisi, dan pemerhati ilmu pengetahuan manajemen dan bisnis. Jurnal Aplikasi Bisnis menerima hasil kajian dan artikel penelitian yang belum pernah dipublikasikan di media lain. Jurnal Aplikasi Bisnis diterbitkan oleh Jurusan Administrasi Niaga dan UPT P3M Politeknik Negeri Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis mencakup bidang kajian dan penelitian dengan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan metode campuran. Jurnal Aplikasi Bisnis berfokus ada tema manajemen, manajemen pemasaran, manajemen strategis, kewirausahaan, aplikasi komputer pada bisnis yang mencakup topik – topik berikut: Manajemen Pemasaran Manajemen Startegis Bisnis Elektronik IT for Business Digital Marketing Kewirausahaan
Articles 374 Documents
PEMBUATAN MEDIA PROMOSI VIDEO IKLAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SONY VEGAS PRO UNTUK MENARIK MINAT BELI DI BU’E KITCHEN SURABAYA Ajeng Dwi Pangestu; Tri Ramadani Arjo
Jurnal Aplikasi Bisnis Vol. 8 No. 1 (2022)
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jab.v8i1.413

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuat video iklan dengan penggunaan aplikasi editing Sony Vegas Pro sebagai penunjang promosi yang bertujuan untuk menarik pelanggan di Bu’e Kitchen Surabaya dan untuk mengetahui efektivitas dari video iklan yang telah dibuat menggunakan pengukuran (Empathy, Persuasion, Impact, and Communication - EPIC) Model dan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Penelitian ini menerapkan metode action research untuk mengetahui efektivitas video iklan sebagai media promosi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Terdapat 11 orang termasuk 2 ahli pemasaran, 2 ahli videografi, 1 owner, 3 konsumen yang sudah pernah membeli, dan 3 konsumen yang belum pernah membeli sebagai responden di penelitian ini. Penelitian ini telah melalui dua siklus, siklus 1 menunjukan bahwa video masih kurang baik maka perlu dilanjutkan ke siklus 2. Pada siklus 2 video iklan Bu’e Kitchen Surabaya dikatakan baik dan layak dengan skor EPIC rate 4,49 dengan kategori sangat efektif dan metode analisis AIDA sebesar 88,89 persen dengan kategori sangat baik
PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH M Nur Kholes; Joko Samboro
Jurnal Aplikasi Bisnis Vol. 8 No. 1 (2022)
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jab.v8i1.414

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh harga dan tempat terhadap keputusan pembelian rumah pada studi konsumen PT Adinata Marga Wijaya Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan dua variabel bebas yaitu harga (X1) dan lokasi (X2) serta variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y). Metode pengumpulan data menggunakan teknik incidental sampling dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner terhadap 40 konsumen PT Adinata Marga Wijaya Malang. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga dan lokasi dengan koefisien masing-masing sebesar 1,287 dan 0,037 berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian rumah secara parsial dan simultan. Besarnya pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelianrumah (adjusted R2) adalah 75,1 persen.
PEMBUATAN LOGO SEBAGAI CORPORATE IDENTITY UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS MENGGUNAKAN CORELDRAW X7 DI UMKM STMJ LATAR TALOEN MALANG Idrus; Heru Utomo
Jurnal Aplikasi Bisnis Vol. 8 No. 1 (2022)
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jab.v8i1.415

Abstract

Penelitian ini merupakan Action Research dan menggunakan CorelDraw X7 sebagai aplikasi pembuat logo. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Desain logo yang sudah jadi kemudian dievaluasi dengan penyebaran kuesioner kepada 2 orang ahli IT, 2 orang ahli marketing, 1 orang owner dan 10 konsumen dan calon konsumen. Menggunakan metode EPIC Model untuk mengukur efektifitas logo untuk STMJ Latar Taloen. Hasil penelitian menunjukan bahwa desain logo ini masuk dalam kategori efektif digunakan sebagai identitas perusahaan di STMJ Latar Taloen, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan yang menunjukan skor 4,34 untuk rata-rata Epic rate keseluruhan. Dan rata-rata responden memilih setuju bahwa desain logo dapat meningkatkan brand awareness, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisa yang menunjukan skor 4,25 untuk rata-rata jawaban responden menjawab setuju dalam setiap pertanyaannya. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa desain logo tersebut layak digunakan sebagai identitas perusahaan dan meningkatkan brand awareness pada UMKM STMJ Latar Taloen. Diharapkan logo ini dapat digunakan sebagai branding dan terus konsisten dalam mengembangkan usahanya.
PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP E-CUSTOMER SATISFACTION PADA PENGGUNA APLIKASI BRIMO Destian Reza Marhaendra; Ita Rifiani Permatasari
Jurnal Aplikasi Bisnis Vol. 8 No. 1 (2022)
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jab.v8i1.416

Abstract

Penelitian dengan jenis kuantitatif deskriptif ini bertujuan untuk menginterpretasikan pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap e-customer satisfaction pada pengguna aplikasi BRI Mobile Banking. Variabel bebas terdiri dari e-service quality dan e-trust sedangkan variabel terikat adalah e-customer satisfaction. Metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner kepada 125 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah BRI kantor cabang Kepanjen yang menggunakan aplikasi BRIMO minimum 2 kali pada periode 2017-2022. Data dianalisa melalui regresi linier berganda dengan software SPSS for windows. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa variabel e-service quality dan e-trust baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-customer satisfaction pada pengguna aplikasi BRIMO. Diharapkan Bank BRI dapat meningkatkan kepuasan konsumen dengan strategi pemasarannya baik dari aspek kepercayaan dan kualitas layanan bahkan aspek lainnya.
PEMBUATAN DESAIN FEED INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA FALAHFOOD.ID Yoni Agung Imawan; Joni Dwi Pribadi
Jurnal Aplikasi Bisnis Vol. 8 No. 1 (2022)
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jab.v8i1.417

Abstract

Promosi melalui media sosial Instagram bertujuan untuk memberikan informasi yang dimiliki oleh perusahaan terkait dengan produk yang dimiliki. Falahfood.id sebelumnya pernah mengimplementasikan satu posting-an menggunakan desain feed pada akhir tahun 2021, namun kemudian terhenti hingga sekarang. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan konten desain feed yang baik dan efektif sehingga dapat meningkatkan awareness konsumen terhadap produk yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain feed yang dapat digunakan sebagai media promosi pada akun media sosial Falahfood.id. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode action research. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik usaha, karyawan, ahli desain, ahli pemasaran, dan konsumen. Pada siklus I nilai efektivitasnya 4,4 dan pada siklus II meningkat menjadi 4,6. Hal ini menunjukkan bahwa desain feed Instagram tergolong sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa rancangan tersebut layak untuk digunakan sebagai media promosi dalam meningkatkan brand awareness Falahfood.id. Oleh karena itu, disarankan agar perusahaan harus konsisten dalam membuat feed content dan lebih meningkatkan inovasi dan kreativitas di era digital marketing. Selain itu pemahaman perusahaan tentang hari, waktu, caption dan hashtag pada setiap posting-an juga harus ditingkatkan.
PEMBUATAN VIDEO STOP MOTION MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN KINDAI DI LANDUNGSARI DAU KABUPATEN MALANG Kartika Apriana Hutagaol; Heru Utomo
Jurnal Aplikasi Bisnis Vol. 8 No. 1 (2022)
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jab.v8i1.418

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan untuk mengetahui efektivitas video stop motion sebagai media promosi di Instagram. Terdapat 13 orang termasuk 2 ahli pemasaran, pemilik Rumah Makan Kindai, dan 10 konsumen sebagai responden di penelitian ini. Pengukuran efektivitas video stop motion di penelitian ini menggunakan indikator EPIC. Penelitian ini telah melalui 1 siklus saja. Pada siklus ini, video stop motion Rumah Makan Kindai dikatakan baik dan layak dengan skor EPIC rate 4,47 yang dapat diklasifikasikan sebagai kategori sangat efektif. Sementara untuk indikator minat beli dengan menggunakan analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata interval penilaian dari keseluruhan pernyataan adalah 84,8% yang mana masuk ke dalam interval penilaian “Sangat Setuju”.
PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN SOCIAL MEDIA ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA Tantri Dwi Valenti; Rena Feri Wijayanti
Jurnal Aplikasi Bisnis Vol. 8 No. 1 (2022)
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jab.v8i1.419

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand ambassador dan social media advertising terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce Tokopedia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data kuisioner yang diberikan kepada 128 responden pengguna aplikasi dan pernah melakukan transaksi pada e-commerce Tokopedia. Responden dipilih dengan metode proportionate stratified random sampling. Metode analisa data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji t (parsial), uji F (simultan), dan asumsi klasik. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa brand ambassador dan social media advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Melalui penelitian ini diharapkan Tokopedia dapat meningkatkan dan memelihara kerja sama dengan agensi brand ambassador saat ini, meningkatkan kualitas iklan dengan menonjolkan preferensi merek dan mengubah persepsi pembeli, menyiapkan promo atau diskon pada akhir pekan untuk meningkatkan penjualan.
PENGEMBANGAN DIGITAL MARKETING DENGAN VIDEO COMPANY PROFILE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN PADA CV. PUTRA PANJI KEDIRI Much Fanny Setyawan; Umi Khabibah
Jurnal Aplikasi Bisnis Vol. 8 No. 1 (2022)
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jab.v8i1.420

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan digital marketing dengan video company profile untuk meningkatkan minat beli konsumen pada CV. Putra Panji Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian action research. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Jumlah responden yang diambil sebanyak 15 responden yang terdiri dari 1 pemilik usaha, 2 ahli pemasaran, 2 ahli multimedia dan 10 calon konsumen. Pengukuran efektivitas desain berdasarkan metode EPIC dengan dimensi empathy, persuasion, impact, and communication. Sedangkan pengukuran minat beli berdasarkan metode AIDA dengan dimensi attention, interest, desire, and action. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa video company profile yang dibuat sangat efektif untuk digunakan sebagai pengembangan digital marketing untuk meningkatkan minat beli konsumen pada CV. Putra Panji Kediri.
PEMBUATAN E-CATALOGUE PADA INSTAGRAM MENGGUNAKAN CANVA SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN DI PALM SNACK AND COOKIES MALANG Anwar Firhansah Hilmi Putra; Heru Utomo
Jurnal Aplikasi Bisnis Vol. 8 No. 1 (2022)
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jab.v8i1.421

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat beli konsumen Palm Snack and coockies melalui pembuatan e-catalogue menggunakan aplikasi Canva. Penelitian yang dibuat merupakan penelitian action research dengan menggunakan aplikasi canva sebagai aplikasi yang dibuat untuk mendesign e-catalogue. Prosedur action research meliputi perencanaan, tindakan, observasi, interview. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data kuesioner, observasi, dan interview. Untuk Teknik penentuan responden untuk pengujian e-catalogue adalah Teknik purposive sampling yang melibatkan 15 orang termasuk 2 ahli pemasaran, 2 ahli komputer, pemilik usaha, dan 10 konsumen sebagai responden pada pengukuran efektivitas desain, dan 12 orang termasuk 2 ahli pemasaran dan 10 konsumen pada pengukuran minat beli. Untuk Analisa yang digunakana adalah metode Analisa deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat dikatakan bahwa desain e-catalogue dikatakan efektif dan layak digunakan untuk membantu mengembangkan usaha serta menjadi media promosi alternatif. Diharapkan Palm Snack and Cookies Malang dapat menggunakan desain e-catalogue yang telah dibuat untuk membantu promosi perusahan bagi perusahaan
PEMBUATAN VIDEO COMPANY PROFILE DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE PREMIERE PRO SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA LIKA SOUVENIR MALANG Rafli Yufandi Sudibyo; Joni Dwi Pribadi
Jurnal Aplikasi Bisnis Vol. 8 No. 1 (2022)
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jab.v8i1.422

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembuatan video company profile dengan menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro sebagai media promosi untuk meningkatkan brand awareness pada Lika Souvenir Malang. Penelitian ini menggunakan metode action research. Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu unit analisis kriteria company profile, unit analisis hasil desain video company profile (EPIC Model), dan unit analisis hasil desain video company profile (Brand Awareness). Metode action research dalam penelitian ini dikerjakan dalam 1 siklus dengan pengukuran interval skala likert untuk mengetahui tanggapan responden terhadap kelayakan dan kesesuaian desain dalam meningkatkan brand awareness. Penelitian ini mendapatkan perhitungan skor akhir EPIC Rate sebesar 4,6 yang masuk ke dalam kategori sangat efektif. Unit analisis terpilih sebagai responden dalam penelitian ini rata-rata turut menyatakan sangat setuju bahwa video company profile yang dibuat telah sesuai dengan kriteria serta memiliki peran dalam meningkatkan brand awareness pada Lika Souvenir.

Page 1 of 38 | Total Record : 374