Jurnal Aplikasi Bisnis
Vol. 8 No. 2 (2022)

PEMBUATAN DESAIN KATALOG ONLINE INSTAGRAM DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENARIK MINAT BELI PADA SULUNGS FOOD KABUPATEN PEMALANG

Thania Amalia (Politeknik Negeri Malang, Indonesia)
Joni Dwi Pribadi (Politeknik Negeri Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2022

Abstract

Instagram Sulungs Food hanya mengunggah review dari konsumen sehingga kurang menarik calon konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk pembuatan desain katalog online menggunakan aplikasi Canva untuk lebih menarik minat beli Sulungs Food Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan untuk mengetahui keefektifan desain katalog online sebagai media promosi. Pengukuran efektivitas desain dalam penelitian ini menggunakan indikator EPIC dan metode AIDA terkait minat beli. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Pada siklus kedua ini, desain katalog online dikategorikan sebagai desain yang baik dan layak. EPIC mendapat skor 4,4 yang tergolong kategori efektif dan metode AIDA menunjukkan persentase pada kisaran 81-100 persen yang termasuk dalam kategori istimewah. Dapat disimpulkan bahwa katalog online efektif dan memungkinkan untuk di-publish dalam rangka membantu promosi Sulungs Food. Katalog online memberikan alternatif media promosi Sulungs Food dalam menarik minat beli. Disarankan agar katalog online baru yang telah dibuat dapat digunakan dengan baik untuk mendukung promosi di Sulungs Food.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jab

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JAB Jurnal Aplikasi Bisnis adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam satu tahun yakni Juni dan Desember. Jurnal Aplikasi Bisnis bertujuan untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan menyalurkan ide, gagasan, serta ilmu pengetahuan dan bisnis bagi para sarjana, mahasiswa, praktisi, dan ...