Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 6, No 1 (2016)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF SISWA KELAS 2 SDN BERGAS KIDUL 03 KABUPATEN SEMARANG

Andriani, Maria Resti (Unknown)
-, Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2016

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran powerpoint interaktif melalui pendekatan saintifik untuk pembelajaran tematik intgratif siswa kelas 2 Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan untuk membuat media adalah model pengembangan ASSURE yang terdiri dari enam tahapan, yaitu: (1) analyze learners, (2) state objectives, (3) select method, media or materials, (4) Utilize media and materials, (5) require learner’s participation,(6) evaluate and revise. Berdasarkan hasil uji pakar/ahli diperoleh hasil penilaian terhadap aspek media dengan skor rata-rata 3,81 dengan presentase 76,2% dengan kategori baik. Dan hasil penilaian pada aspek materi dengan skor rata-rata 48 dengan presentase 96%, termasuk dalam kategori sangat baik. Serta hasil penelitian aspek pembelajaran diperoleh skor rata-rata 46 dengan persentase 92% dan termasuk dalam kategori sangat baik pula. Secara keseluruhan berdasarkan aspek materi, aspek media, dan aspek pembelajaran media pembelajaran powerpoint interaktif melalui pendekatan saintifik untuk pembelajaran tematik integratif siswa kelas 2 Sekolah Dasar dikatakan valid. Keefektifan media ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa sebesar 80,34 dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 100%.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

scholaria

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a double blind-peer-reviewed journal managed by Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga cooperates with the Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah ...