Manusia adalah makhluk yang terus berubah dan berkembang setiap zamannya. Hal ini dipengaruhi oleh kemajuan yang di alami manusia terutama dalam bidang teknologi. Trend Forecasting Indonesia yang diusung oleh asosiasi Indonesia Trend Forecasting (ITF) membuka penalaran terhadap cara pandang baru, mengubah presepsi dan menjadi referensi bagi para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini adalah membuka wawasan baru terhadap trend forecasting dan jangkauannya dalam cara berpikir desain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan antropologi kebijakan budaya dan teori dari Shore & Wright. Data diperoleh dengan observasi secara pasif, wawancara mendalam, dan studi pustaka. Penelitian ini berfokus pada latar belakang trend forecasting di Indonesia dan kebijakan Bekraf yang mempengaruhi pelaku ekonomi kreatif. Hasil penelitian ini adalah latar belakang dari trend forecasting di Indonesia berawal dari permasalahan produk produk Indonesia yang tidak bersaing di pasar, kebijakan bekraf yang didukung dan sejalan dengan trend forecasting yang ada di Indonesia, serta pengaruh dalam kebijakan dan perluasan trend forecasting di Indonesia
Copyrights © 2021