Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Seni Desain Grafis
Vol. 2 No. 01 (2021): Terbitan Juli 2021

KAJIAN TREND FORECASTING READY TO WEAR INDONESIA TREND FORECASTING (ITF) 2019/2020 SEBAGAI PENDUKUNG KEBIJAKAN BADAN EKONOMI KREATIF (BEKRAF)

Nafisa Aninda (Unknown)
Setyawan Setyawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2021

Abstract

Manusia adalah makhluk yang terus berubah dan berkembang setiap zamannya. Hal ini dipengaruhi oleh kemajuan yang di alami manusia terutama dalam bidang teknologi. Trend Forecasting Indonesia yang diusung oleh asosiasi Indonesia Trend Forecasting (ITF) membuka penalaran terhadap cara pandang baru, mengubah presepsi dan menjadi referensi bagi para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini adalah membuka wawasan baru terhadap trend forecasting dan jangkauannya dalam cara berpikir desain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan antropologi kebijakan budaya dan teori dari Shore & Wright. Data diperoleh dengan observasi secara pasif, wawancara mendalam, dan studi pustaka. Penelitian ini berfokus pada latar belakang trend forecasting di Indonesia dan kebijakan Bekraf yang mempengaruhi pelaku ekonomi kreatif. Hasil penelitian ini adalah latar belakang dari trend forecasting di Indonesia berawal dari permasalahan produk produk Indonesia yang tidak bersaing di pasar, kebijakan bekraf yang didukung dan sejalan dengan trend forecasting yang ada di Indonesia, serta pengaruh dalam kebijakan dan perluasan trend forecasting di Indonesia

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dimensi

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Dimensi adalah jurnal ilmiah yang memuat tulisan penelitian dan non penelitian dalam bidang Ilmu Komunikasi dan Seni Desain Grafis. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu pada bulan Juli dan Desember. Jurnal ini tidak dikenakan biaya dalam penerbitannya (free charge) Dimensi menggunakan ...