Kemasan adalah salah satu cara untuk membedakan produk satu dengan yang lainnya. Kemasan produk sangat penting untuk kemajuan dan keberlangsungan suatu perusahaan. Kemasan pada produk lesehan Sumbersuko ini hanya memakai kardus makanan biasa tanpa desain apapun yang membuat kemasan tersebut tidak ada pembeda dengan produk yang lainnya. Membuat desain kemasan yang menarik pembeli dan menunjukkan ciri khas Lesehan Sumbersuko dan membuat Lesehan Sumbersuko lebih dikenal oleh masyarakat luas sangat penting untuk membedakan dan menampilkan citra yang baik. Proses perancangan desain kemasan sebagai brand identity Lesehan Sumbersuko Kecamatan Beji dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development atau R&D mengacu pada model Borg and Gall (Sugiyono 2017). Hasil dari penelitian ini yaitu membuat 5 desain kemasan. yang terdiri dari box besar, box kecil, lunch box besar, lunch box kecil dan food pail. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa berdasarkan ahli materi produk mendapatkan skor dengan presentase 91% dalam kategori sangat valid. Dari ahli meida produk mendapatkan skor dengan presentase 81,25% dalam kategori sangat valid. Pada hasil uji coba menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penilaian responden, produk yang dikembangkan mendapat skor 86,5 % dalam kategori sangat valid. Lesehan Sumbersuko Kecamatan Beji belum memiliki kemasan yang menunjukkan brand identity, hanya menggunakan kardus putih polos. Maka dari itu, penulis membuat perancangan desain kemasan Lesehan Sumbersuko sebagai brand identity.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025