Gawi: Journal of Action Research
Vol. 1 No. 1 (2021)

Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Muatan IPA Melalui Kombinasi Model Discovery Learning dengan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT)

Maratushshalehah, Maratushshalehah (Unknown)
Karim, Karim (Unknown)
Sanawati, Sanawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Muatan IPA di Kelas V A SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin, maka dilaksanakanlah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa kelas V A SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin IPA melalui kombinasi model discovery learning  dengan model cooperatif learning  tipe numbered heads together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Indikator keberhasilan yaitu aktivitas guru apabila mencapai skor ≥ 34 kriteria sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal apabila mencapai ≥ 80% kategori sebagian besar siswa aktif, dan hasil belajar siswa apabila mencapai ≥ 80% siswa memperoleh nilai ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru meningkat dari skor 24 menjadi skor 36 kriteria sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal meningkat dari persentase 45% menjadi 90% kategori hampir seluruh siswa aktif dan hasil belajar siswa meningkat dari persentase 40% siswa tuntas menjadi 80%.  Implementasi model discovery learning dengan model cooperatif learning tipe numbered heads together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

gawi

Publisher

Subject

Education

Description

Gawi: Journal of Action Research focused on scientific research with action in the educational environment. This journal is published twice a year. We have accepted any article with the scope of action research in any scientific ...