Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Muatan IPA di Kelas V A SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin, maka dilaksanakanlah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa kelas V A SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin IPA melalui kombinasi model discovery learning dengan model cooperatif learning tipe numbered heads together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Indikator keberhasilan yaitu aktivitas guru apabila mencapai skor ≥ 34 kriteria sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal apabila mencapai ≥ 80% kategori sebagian besar siswa aktif, dan hasil belajar siswa apabila mencapai ≥ 80% siswa memperoleh nilai ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru meningkat dari skor 24 menjadi skor 36 kriteria sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal meningkat dari persentase 45% menjadi 90% kategori hampir seluruh siswa aktif dan hasil belajar siswa meningkat dari persentase 40% siswa tuntas menjadi 80%. Implementasi model discovery learning dengan model cooperatif learning tipe numbered heads together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2021