Literasi digital guru semakin penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. Penelitian ini mengkaji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya kerja, dan motivasi kerja terhadap literasi digital guru di SMP negeri Kecamatan Boja. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional, data dikumpulkan dari 105 responden melalui kuesioner yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah, budaya kerja, dan motivasi kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap literasi digital, dengan kontribusi masing-masing sebesar 56,4%, 51,3%, dan 49,8%. Secara simultan, ketiga faktor ini menyumbang 71% terhadap peningkatan literasi digital, yang menunjukkan pentingnya pendekatan holistik dalam mendorong adaptasi teknologi di pendidikan. Penelitian ini menyarankan implikasi kebijakan yang menekankan pada pentingnya kepemimpinan transformasional, budaya kerja yang adaptif, serta peningkatan motivasi guru melalui insentif dan program pengembangan profesional. Sekolah dengan sumber daya terbatas dapat melaksanakan pelatihan berbasis komunitas, sementara sekolah yang lebih lengkap dapat lebih mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi faktor lain seperti infrastruktur digital, kebijakan pendidikan, dan komunitas pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen atau kuasi-eksperimen untuk menilai efektivitas intervensi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025