Hasil Belajar siswa pada Materi Proyeksi Piktorial 3D dominan masih di bawah KKM (75). Karena itu diperlukan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif yang dapat dipahami dengan mudah oleh siswa. Dengan kata lain, media tersebut harus mampu memudahkan siswa dalam mempelajari proyeksi piktorial 3D. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata – rata hasil belajar siswa baik aspek kognitif maupun psikomotorik dan mengetahui efektivitas penggunaan jobsheet proyeksi piktorial pada mata pelajaran Dasar – Dasar Program Keahlian DPIB. Melalui metode quasi experiment, penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan siswa pada ranah kognitif dan psikomotortik antara yang menggunakan jobsheet dengan tanpa menggunakan jobsheet, serta keefektifan penggunaan jobsheet termasuk dalam kategori cukup efektif. Jobsheet yang mampu memudahkan siswa adalah jobsheet yang memenuhi aspek-aspek kevalidan jobsheet, yaitu materi, kebahasaan, tampilan, penggunaan, konsistensi, format, kegrafikan, manfaat, kelayakan. Selain itu, jobsheet juga harus praktis, yang ditunjukkan dengan keterpenuhan aspek- aspek antara lain kejelasan isi, kejelasan cakupan materi, kejelasan informasi, pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien (jelas dan singkat), kebermaknaan, tampilan, adanya daya tarik pembaca, penggunaan font tulisan, lay out jobsheet, kejelasan tata letak struktur karakteristik jobsheet.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024