PEDAGOGY
Vol 3 No 2 (2016): JURNAL PEDAGOGY VOL.3 NO.2 JULI 2016

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR VOLUME BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SDN MENTOR II KEC. SUMBERASIH TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Wagini, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanya ktiga putaran.Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Mentor II Semester ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015.Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis data  didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (64,09%), siklus II (69,09%), siklus III (74,55%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kontekstual berbasis masalah materi pelajaran dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar SiswaKelas V SDN Mentor II Semester ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015, serta model pembelajaran inidapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaranVolume Bangun Ruang 

Copyrights © 2016