Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation
Vol 1 No 02 (2023): Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation: December

Survey Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Project-based Learning dengan Pembelajaran Daring Berdasarkan Kinerja Guru dan Materi Ajar

Dzulkifli (Unknown)
Santosa, Eka Budhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi siswa tentang kinerja guru saat mengimplementasikan project-based learning, serta materi ajar yang digunakan saat pembelajaran daring. Desain penelitian deskriptif dengan metode survei diterapkan pada 50 siswa kelas XI SMK di Surakarta. Angket disebarkan ke sampel sebagai teknik pengumpulan data yang kemudian diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menganggap kinerja guru sudah cukup baik ketika masa pembelajaran jarak jauh ini dengan prosentase persepsi siswa 53.75%. Kemudian, materi ajar yang disampaikan guru juga sudah cukup baik dengan prosentase sebesar 49.88 %. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kinerja guru dan materia ajar saat pembelajaran daring sudah cukup baik, tetapi masih perlu peningkatan agar kualitas pembelajaran daring menggunakan project-based learning dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Peningkatan kinerja guru dan materi ajar juga berkaitan dengan keterampilan dalam menggunakan teknologi yang perlu dikuasai guru di era digital.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijolii

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation is peer reviewed journal of educational technology research which publishes reviews, analysis, dan empirical research on designing, developing, managing, utilizing and evaluating educational Technology to facilitating learning and improving ...